Sekilas Tentang Perpustakaan Mas Trip Pare



Perpustakaan Mas Trip Pare



            Perpustakaan Mas Trip Pare merupakan satu – satunya perpustakaan umum milik pemerintah yang ada di Pare. Perpustakaan ini terletak di Jl. Kerinci no 2, Kec. Pare atau sebelah selatan dari alun alun Kota Pare. Nama perpustakaan ini diambi dari nama patung Mas Trip yang lokasinya saling berdekatan. Perpustakaan ini diresmikan oleh Mendikbud saat itu, yaitu Bpk. Fuad Hassan pada tahun 1989 tepatnya tanggal 30 November, bersamaan dengan peresmian patung Mas Trip.

Tugas dan Tujuan
            Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 35 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kediri, tugas perpustakaan ini adalah “ Melaksanakan urusan Pemerintah Daerah dibidang kearsipan dan perpustakaan ”. Tujuan dari dibangunnya perpustakaan ini adalah :

  •     Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia yang ditunjang sebagai sarana sumber belajar dan sumber informasi.
  •     Meningkatkan dedikasi bangsa dan masyarakat terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang ada kaitannya denga pelaksanaan pembangunan di daerah.

Gedung Perpustakaan
            Perpustakaan Mas Trip Pare memiliki dua lantai dan dibangun dengan luas gedung 155,52 m² dan berdiri diatas sebidang tanah seluas 574 m². Di lantai satu terdapat buku-buku literatur seperti ensiklopedia, kliping majalah, dan koran. Di lantai ini juga terdapat komputer umum yang dapat dipakai para pengunjung secara cuma-cuma (gratis) dan tentunya terkoneksi dengan internet. Namun menurut salah satu petugas perpustakaan, komputer tersebut akan dijadikan berbayar yang menurut rencana awal bertarif Rp.2000,- / 7jam. Cukup murah bukan ?.
            Pada lantai 2 berisi koleksi-koleksi buku yang dimiliki perpustakaan. Buku-buku yang ada sangat banyak dan mencakup semua jenis seperti pendidikan, biografi tokoh, umum, dll. Anda dapat menemukan beragam buku mulai terbitan tahun 19an sampai buku-buku baru walaupun, tidak selengkap milik perpustakaan-perpustakaan besar. Di lantai ini juga terdapat kamar mandi apabila anda sedang ada kebutuhan.
            Oh iya, perpustakaan ini menawarkan Wi-Fi gratis bagi pengunjungnya. Mungkin inilah salah satu alasan ramainya perpus akhir-akhir ini. Untuk password, anda dapat menanyakan pada petugas.

Ruang Baca Anak
Ruang Baca Anak
            Salah satu kegiatan layanan Perpustakaan Mas Trip Pare adalah layanan anak. Salah satu layanan tersebut adalah melalui adanya Ruang Baca Anak. Ruang ini menyediakan beragam buku anak-anak yang menarik. Ruang ini terletak pada lantai 1

Prestasi Perpustakaan Mas Trip Pare
            Perpustakaan Mas Trip Pare telah memperoleh beberapa prestasi sebagai berikut :
Th. 1990 : Juara harapan I Tingkat Nasional.
Th. 1990 : Juara Terbaik Peringkat I Tingkat Prop. Jatim.
Th. 1993 : Juara Harapan II Tingkat Propinsi Jatim.
Th. 1994 : Juara II Perpustakaan Umum Terbaik Tingkat Prop. Jatim.
Th. 1996 : Juara III Perpustakaan Umum Tingkat Propinsi.
Dari tahun ke tahun perpustakaan ini terus melakukan pengembangan-pengembangan dan menjadi pusat informasi dan pusat belajar bagi para pengunjung yang terdiri dari : Pelajar, Mahasiswa, Guru, Pegawai Negeri, Swasta, Masyarakat umum khususnya masyarakat Kabupaten Kediri
  
Jam Pelayanan   
·          Senin s/d Kamis         : 07.00 – 15.30 WIB
·         Jum’at                        : 07.00 – 11.30 WIB
·         Sabtu & Minggu          : 07.00 – 13.30 WIB
    
    cara daftar menjadi anggota Perpustakaan Mas Trip Pare klik disini
  



(      (13/11/2016)


No comments

Powered by Blogger.